Posted by: tekku | October 25, 2007

Penyempitan Syaraf Ke-7 (Penyakit Bell’s Palsy)

Temen sekantor (S’moga cepet baek ya .. Mbak NA) dah seminggu-an ini sakit…. kek terkena serangan stroke tapi bukan…. selidik punya slidik ternyata terkena Bell’s Palsy . So, dia sharing artikel di bawah ini.


HAPPY READING and KEEP HEALTHY :-)

  

Bulan November kemarin, saya merasakan sesuatu yang aneh pada wajah saya. Ketika saya menggelembungkan mulut, bibir kiri saya tidak bisa menutup. Begitu juga ketika memicingkan mata. Mata kiri saya sama sekali tidak bergerak. Wajah bagian kiri saya sangat kaku. Mata kiri tidak bisa menutup. Hidung ketarik ke atas. Dan bibir bagian kiri  menekuk ke bawah. Sekilas, wajah saya seperti orang ngambek. Lebih parah kalo lagi tertawa. Mimik wajah saya seperti orang yang sinis dan sangat menyebalkan.  

Saya melakukan cek ke Dokter Spesialis Syaraf dan saya diberitahu kalau mengalami penyakit yang dikenal dengan sebutan Bell’s Palsy.  

APA ITU BELL’S PALSY?  Dokter itu menceritakan kepada saya perihal Bell’s Palsy.  Bell’s Palsy (Facial Palsy) adalah kelainan di mana syaraf wajah (dikenal dengan sebutan Syaraf Ke-7 atau Cranial Nerve, yaitu syaraf yang mengontrol pergerakan wajah. Posisinya berada sekitar 1 jari di depan telinga kiri / kanan Anda) tidak berfungsi dengan baik / kaku / paralize. Akibatnya salah satu bagian wajah seperti tertarik / mencong. Penyakit ini biasa terjadi di kota atau negara bersuhu dingin.

Selain itu, kelainan ini dapat menyerang pada orang-orang yang :

1. Terlalu lama berada di dalam ruang ber-AC.

2. Terkena semburan AC / kipas angin langsung ke wajah.

3. Mengendarai motor tanpa helm yang menutup wajah dengan rapat.

4. Mandi air dingin di malam hari.  

APA BELL’S PALSY SAMA DENGAN GEJALA STROKE?  Berbeda dengan Stroke (yang sama-sama membuat salah satu bagian wajah mencong / ketarik), Bell’s Palsy hanya menyerang syaraf wajah. Sedangkan fungsi tubuh berjalan normal. Namun ada beberapa kasus di mana Bell’s Palsy menyerang syaraf otak, sehingga ada penderita yang tidak mampu berbicarajelas seperti penderita Stroke. Walau demikian, pikirannya masih sangat jernih dan dia masih dapat berkomunikasi dengan cara menulis.  

Jika Anda terkena Bell’s Palsy, segeralah berobat ke Rumah Sakit. Maksimal 2 hari setelah Anda mengalami kelainan itu. Jika tidak, syaraf yang kaku dapat mengganggu otak yang menyebabkan penderita lumpuh. Selain itu , wajah yang kaku akan semakin sulit dikembalikan ke bentuk asalnya.  Pengobatan yang disarankan dokter adalah fisiotherapy, di mana wajah penderita akan dikompres dengan lampu sinar dan diberi kejutan listrik di sekitar wajah. Namun Anda bisa juga menggunakan alternatif pengobatan lain, seperti akupuntur. Asal saya sarankan untuk tidak mencampur pengobatan fisioterapi dan akupuntur di waktu bersamaan. Saya dengar kabar ada seorang penderita yang wajahnya kaku total karena mencampur kedua pengobatan itu. Waktu pengobatan cukup lama. Baik fisioterapi maupun akupuntur bisa 2-3 bulan baru sembuh, bahkan ada penderita yang hingga tahunan diobati tidaksembuh2. Semua itu tergantung dari ketelatenan kita dalam berobat.

Jika ingin cepat sembuh, begitu mengalami kelainan, segera ke Rumah Sakit. Dan selama berobat, rutinlah mengikuti sesi pengobatan.  PENCEGAHAN  Seperti disarankan oleh Dokter Syaraf yang menangani saya, agar Bell’s Palsy tidak mengenai kita, cara-cara yang bisa ditempuh adalah :  

  1. Jika berkendaraan motor, gunakan helm penutup wajah full untuk mencegah angin mengenai wajah.

  2. Jika tidur menggunakan kipas angin, jangan biarkan kipas angin menerpa wajah langsung. Arahkan kipas angin itu ke arah lain. Jika kipas angin terpasang di langit-langit, jangan tidur tepat di bawahnya. Dan selalu gunakan kecepatan rendah saat pengoperasian kipas.

  3. Kalau sering lembur hingga malam, jangan mandi air dingin di malam hari. Selain tidak bagus untuk jantung, juga tidak baik untuk kulit dan syaraf.

  4. Bagi penggemar naik gunung, gunakan penutup wajah / masker dan pelindung mata. Suhu rendah, angin kencang, dan tekanan atmosfir yang rendah berpotensi tinggi menyebabkan Anda menderita Bell’s Palsy.

  5. Setelah berolah raga berat, JANGAN LANGSUNG mandi atau mencuci wajah dengan air dingin.

  6. Saat menjalankan pengobatan, jangan membiarkan wajah terkena angin langsung. Tutupi wajah dengan kain atau penutup. Takut dibilang “orang aneh”? Pertimbangkan dengan biaya yang Anda keluarkan untuk pengobatan.

Sebagai catatan :

  1. Wanita hamil berpotensi 3X lebih mudah terkena Bell’s Palsy daripada wanita yang tidak hamil.

  2. Penderita diabetes, perokok, dan pengguna obat-obatan sejenis steroid berpotensi 4X lebih mudah terserang Bell’s Palsy daripada orang lain.

  3. Rata-rata 40.000 orang Amerika setiap tahun menderita Bell’s Palsy.

  4. Terakhir, ini adalah catatan beberapa orang terkenal yang pernah menderita Bell’s Palsy. Beberapa di antaranya sembuh total, namun tidak sedikit yang tidak sembuh sehingga hingga kini, wajah mereka masih tampak mencong akibat penyakit itu. Mereka adalah :

  • Sylvester Stallone

  • John Travolta.

  • Jean Chretien (Perdana Menteri Canada)

  • John McCain (senator Arizona)

  • Jim Ross (komentator World Wrestling Entertainment)

  • Rick Savage (bassis grup metal Def Leppard)

  • Ayrton Senna (pembalap)

  • Tom Holland (sutradara)

  • Andrew Llyod Webber (komposer)

  • Pete Maravich (pebasket)

 Demikian informasi dari saya. Semoga bermanfaat.  

Responses

  1. ibu saya hampir seminggu ini terkena bell’s palsy juga. kayaknya ibu saya terpukul sekali, sebagai anak saya juga ikutan ngerasa sedih. apalagi ibu saya itu doyan banget dandan. dia masih bekerja, sampai hari ini dia msh ijin sakit. sepertinya ibu saya belum siap mental menerima ini semua.
    tadinya saya pikir itu stroke,tapi setelah check-up kesehatan hasilnya bell’s palsy. klau boleh tau, temen sekantor anda sudah sembuh atau belum?? saya sangat khawatir fisiotherapy yg sekarang ibu saya lakukan tidak berbuah hasil. makasih ya artikelnya buat saya tau lebih banyak.

  2. Hallo Dhita,

    Salam kenal ya. Seneng waktu tau artikel ini bisa bermanfaat. Temenku itu da sembuh, tapi emang perlu proses. Aku kan berdomisili di Bali, nah dokter dan peralatan therapynya itu tidak terlalu … hmm.. apa ya.. namanya… gag terlalu bagus lah. Tapi temenku bilang therapy infra red dan di setrum, tidak boleh lebih dari 10X. Nah pas udah menjalani therapy ke-7, dia belum banyak kemajuan. So, dia terbang ke Jakarta ke RS Cikini (Raden Saleh), trus temuin Neurolog-nya. Pas waktu temenku ke Jakarta Neurolog itu pas gag di tempat, trus dia dibantu ma Prof. Tobing. Prof ini bukan neurolog, beliau dokter ahli darah, tapi mengerti benar akan bell palsy, jadi dari beliau temenku dirujuk ke therapy di lantai dasar RS Cikini.

    Alhamdulillah, sekarang temenku da sembuh :-) Semoga Ibu Dhita bisa lekas sembuh juga. BTW, kamu posisi dimana?

    Kabari aku lagi klo butuh info lebih lanjut.

    TAKE CARE :-)

  3. Sampaikan simpati saya buat teman Anda.
    Terima kasih atas informasi Anda di atas.
    Anak saya sekarang juga lagi BP, sudah 3 hari ini. Umurnya baru 4,7 tahun. Memang kalau ikut naik sepeda motor dia sukanya duduk di depan dan suka minum air dingin. Syaraf kanan yang kena, so mulut yang kalau beraktifitas mencong ke kiri. Tadi pagi baru diterapi satu kali RSU. Tapi temen dari fisioterapi bilang sebaiknya kalau baru jangan di terapi dulu, karena lagi peradangan.
    Tolong saya dibagi informasi untuk penanganan pada anak saya itu. Saya berharap anak saya bisa sembuh total. Mohon doanya.

    • saya juga penderita bels palsy sekrang saya lg dalam masa pengobatan, saya sudah 3 tahun terkena bels palsy smpai sekrang belom ada perubahan sama sekali. klo menurut dokter di R.S. SUKAMTO (kramat djati) anak yang berumur dbawah 5 tahun itu ga perlu dterapi setrum cukup pake infra merah aja atau dkompres drumah dan coba disuruh menggerakan wajahnya seperti bersiul, menyebutkan huruf vokal, gunakan telunjuk dan ibu jari untuk menarik sudut mulut secara manual dan yg paling penting jgn minum air dingin.

      • saya terkena bells palsy april 2007.yah sekarang sudah 90% sembuh.saya pertama kali di accupuncture,dan berobat ke dokter Aliwarga di pondok Indah Jl; alam asri 3 dan sambil minum obat godokan china belinya di toko obat di grogol dekat bank danamon,jl Jelambar baru.saya terkena cukup parah kelopak mata tdk dapat mengatup dan makan harus dibantu didorong dengan sendok

  4. hmmm….Tmn2 Quw yg bAik Hati…..
    Doa khn Saia yach??Semoga saya sembuh dari pnyakit saya ini. jujur pertama kali saya dengar hasil pemeriksaannya ?? saya benar-benar PESIMIS..tapi, berkat dorongan dari KELUARGA, SAHABAT, TEMAN dll saya jadi ga pesimis Lagy.
    Makasih yach FriENDS ^-^

  5. say sudah lebih dari 1 tahun kena bell’s palsy, tapi masih sedikit pencong. Pas kena saya lagi hamil 8 bulan. Saya langsung konsul ke dokter syaraf,tapi karena lagi hamil tua saya takut makan obat karena takut berakibat ke anak di kandungan saya,sampai saat ini saya masih terapi n’ makan obat dari dokter syaraf dan dokter menyarankan untuk pengobatan disuntik botox. Semoga ibu-ibu hamil yang lainnya tidak kena yaaa….

  6. bagaimana dg kondisi anaknya mas wend?
    saya juga sdg menjalani pengobatan. dl pertama kali saya kira ini penyakit asing ternyata cukup banyak orang yang menderita.
    saya masih sekolah, teman-teman saya jadi mengira kalo saya sariawan gak sembuh-sembuh. atau dikira sombong, g mau senyum. saya jg jd malas.
    1 bln lalu sy mncb pngbatn alkey. di dekat daerah saya, di bogor. mirip akupuntur. alhamdulillah skrg sy bs trsenyum, indra perasa sy mmbaik, mata sy mulai bs mntup. msh dlm proses pmulihan.
    slain mnm obat, sy mgkti anjuran dokter untuk melakukan senam wajah. seperti:
    tersenyum, mencucurkan mulut, kemudian bersiul, mengtupkan bibir, mengerutkan dahi, menggunakan telunjuk dan ibu jari untuk menarik sudut mulut secara manual, mengangkat alis secara manual dengan keempat jari, menutup mata sambil menggunakan telunjuk menurunkan kelopaknya secara perlahan.

    smoga anaknya lekas sembuh.

  7. saya juga udah sebulan kena bells palsy… jadi bt bgt…. ga bisa senyum..saya dengar di daerah grogol ada yang bisa membantu proses penyembuhan dengan cara pengobatan alternatif,,,, ada yg tau? kalo ada … saya boleh minta infonya …thx

    • klo boleh saran si ga usah pake alternatif om, coba rujuk kdokter saraf aja pasti nanti di fisioterapy, apa lagi masih 1 bulan kemungkinan sembuhnya masih besar. gw penderita bels palsy jg udah 3 tahun skrang blm sembuh sembuh ni akibat awalnya gw brobat dialternatif. coba deh ke dokter dulu aja.

      semoga lekas sembuh ya. salaing mendoakan aja !

    • saya terkena bells palsy april 2007.yah sekarang sudah 90% sembuh.saya pertama kali di accupuncture,dan berobat ke dokter Aliwarga di pondok Indah Jl; alam asri 3 dan sambil minum obat godokan china belinya di toko obat di grogol dekat bank danamon,jl Jelambar baru.saya terkena cukup parah kelopak mata tdk dapat mengatup dan makan harus dibantu didorong dengan sendok

  8. saya terkena penyakit yang sama dengan gejala bellpalsy. setelah berobat saya diberi obat asthin force, neurodex, dan methylprednisolone. apa obatnya benar? dan apakah saya bisa sembuh dengan cara lain? tolong jawabannya!

  9. salam sehat selalu….
    ngomongin saraf ketujuh, sebelumnya aku dah pernah denger apalagi ketika 2 tahun yang lalu jakarta terendam banjir, dari situlah saya mengenal penyakit saraf ke-7. kemungkinan banyak warga terserang dikarenakan rumah dan lingkungkunganya terendam air, dan mereka melakukan aktifitasnya di atas air, hingga penyakit sraf ke-7 lah yang menyerangnya.
    dan kemarin ayu ipar saya terserang juga, tetapi menurut analisa kami, rumah dia tidak kebanjiran dan hanya saja lingkungan kerja yang mengunakan AC, dan pergi kekantor mengunakan sepedah motor dengan helm “catok” dengan alasan “kantor dekat rumah”dan sekarang pipi kanannya tertarik ke dalam dan matanya selalu mengeluarkan air”seperti orang sedih”.
    Dan saya berharap sekali info2 mengenai penyakit tersebut. semoga ayu ipar saya bisah lekas kembali normal. dan melakukan aktifitas seperti biasanya.

    terima kasih,
    yang punya artikel tolong kirim ke amail aku ya:
    h3lmiapt@gmail.com

  10. Q baru tahu nama penyakit itu Bell’s Paalsy, padahal q kena penyakit ini sejak q umur 5 th. tapi kelurgaq ma dokter yang merawatq g pernah kasih tau q apa nama penyakit ini, akhirnyaq mencari diGoogle tentang sakit ini. dan sampai sekarang sakit ini masih q derita, padahal q da sering kemoterapi. tapi g ada hasilnya, q bosen dengan ritual spt itu, q juga da mematui pantangan tapi knp kok g sembuh2? skr usiaq 23 th. begitu lama q menderita penyakit ini. tapi q pasrah aja. q cuma yakin pasti suatu saat penyakit ini bisa hilang dari q amin……………

  11. ass..hari ini sy sgt sedih sekali melihat istri teman yg mau melahirkan terkena bell’s palsy.perkiraan melahirkannya sktr 2minggu lg.kira2 bs sembuh gak ya stlh melahirkan?

    • Temen-temen yang sudah berkunjung dan membaca posting ku mengenai penyakit Bell Palsy terima kasih atas komen2nya. Yang saat ini masih menderita Bell Palsy atau ada sanak saudara yang menderita Bell Palsy, saya ikut prihatin. Temen yang saya critakan dalam postingan tersebut saat ini sudah pulih 100%. Alhamdulillah. Dia menderita Bell Palsy kira2 satu bulan, trus diterapi di R.S. Cikini – Jakarta. Coba d, temen2 ku kesana, siapa tahu jodoh berobat ke sana. Saya akan coba digging tentang Bell Palsy ini dan bila ada artikel yang kiranya membantu, pasti akan saya posting. Semoga temen atau sanak kerabat yang sedang menderita penyakit ini dapat segera sembuh.

      Salam sehat selalu :)

  12. saya baru tau penyakit bell palsy setelah teman saya periksa ke dokter. kira – kira penyakit ini bisa di sembuhkan atau tidak ? jika bisa disembuhkan. butuh berapa lama ?

    • Dear Dian,

      Temenku yang menderita Bell Palsy itu sembuh total dalam kurun waktu 2 bulan-an. Therapy yang dia dapatkan di Bali — menurutnya — tidak cukup, karena itu dia ke RS Cikini – Jakarta. Waktu itu dia tidak masuk kantor (parah-parahnya) selama 2 minggu-an, trus ke Jakarta 1 minggu-an, pas masuk ke kantor, bibirnya masih belum kembali 100% ke bentuk semula, tapi dengan therapy seperti yang dianjurkan, ya itu kurleb 2 bulan sudah sembuh.

      Semoga info ini bisa membantu :)

  13. saya baru sedikit tahu tentang “penyempitan syaraf” masku sudah kurang lebih 5thn merasakan nyeri dan pegal dipunggung, dan dokter beritahu bahwa itu adalah penyempitan syaraf yg bisa menimbulkan kelumpuhan, apakah ada yg tahu alternatif apa saja untuk menghindari itu? tolong informasikan ke saya nh_hida@yahoo.com

  14. askum,
    mb,aniek jg mengalami hal yg sm.uda 5 hr ne aniek skt bells palsy.uda di periksa ke dktr jg.n dsurh trapy jg.
    aniek mint doany y biar cpt smbuh..
    aplg aniek kulh jur k0munikasi yg tentu aja btuh bgt yg namany ng0m0ng.
    minta doany dr tmend2 smua..
    aniek sdih dan malu..ini seperti mmpi..

  15. sayajuga mengalami BP sekarang,,
    apakah fisioterapy akan membantu atau hanya sia”?
    soalnya kata ahli reiki saya fisioterapi hanya membuang uang dan banyakyg tidak berhasil .
    sihingga saya saat ini hanya menjalan kan terapi reiki seminggu sekali.
    minggu depan saya akan berangkat ke jakarta untuk tes perguruan tinggi,lalu bagaimana jika belum sembuh juga?

    dan apakah penyakit ini bisa pulih dalam 2minggu?

  16. Saya sendiri mengalami trigemnalneuralgia. Saya hanya beri saran untuk coba terapi TCM ke Pak Lucky diPalmerah jakarta. websitenya: terapiakupuntur.com

  17. Saya seorang ibu rt,selama mengrus suami saya sakit, saya agak banyak pikiran sehingga muncul kejut-kejut di sebelah kanan wajah saya. Sudah kedokter syaraf, katanya ada urat syaraf yang menegang.Setahun saya rutin kontrol dan meminum obat racikan dokter.Namun tidak ada perubahan.Mohon jika ada yang tahu berobat kemana ya ? jika saya berbicara saya agak terganggu karena kejut-kejut itu terlihat jelas,jadi bibir saya seperti agak tertarik ke samping kanan.

  18. assalamualaikum……

    makasih ya buat artikelnya….
    saya juga dulu waktu kelas 3 SMP terkena bell”s falsy…tapi alhamdulilah sudah sembuh dan sekarang saya kuliah semester 3….
    saya tidak mengikuti fisiotherapy,,tapi saya berobat ke dokter syaraf di kota tasikmalaya…..
    saya hanya di beri obat dengan dosis yang tinggi,,,saya berobat selama 3 bulan dan alhamdulilah sembuh total…..meskipun saya sering merasa sakit di pundak kanan saya sampai sekarang karena dulu saya kenanya di wajah yang kanan…..

    • Wa’alaikumussalam Mia,

      Terima kasih atas sharing nya.

      Untuk temen2 lain yang terkena BP, sabar, terus berkonsultasi dengan dokter dan berdo’a ke Tuhan, saya yakin semua penyakit ada obatnya.

  19. saya sudah hampir 3 tahun terkena serangan bells palsy, mngkin ini karena keterlambatan saya dalam mengobati penyakit ini. pertama x saya tau kalau saya terkena penyakit ini itu jg dri tmn saya, akhirnya saya mencoba cek kdokter ternyata saya terkena bells palsy. saya danjurkan untuk fisioterapy lalu saya jalankan perintah tersebut tetapi tidak ada perubahan yg berarti pdhal sudah jlan 1 bulan saya terapi. akhir y saya memutuskan berhenti. alasan lain karena jadwal saya berbenturan dengan kuliah dan main bola. sampai sekarang wajah saya msh terlihat aneh teman2 kampus saya selalu mentertawakan saya itu yg membuat saya menjadi minder dan putus asa. saya ingin bertanya apakah ada cara lain untuk mengobati penyakit ini selain fisioterapy dan akupuntur?

  20. sdh hampir 2 minggu saya kena BP & ikut terapi alhamdulillah sdh ada peningkatan walau msh suka pusing…eh ternyata banyak temen yg senasib & ada yg sembuh…thanks ya saya jd semangat lagi meski rasa minder,malu ketemu orang msh ada…

  21. saya seorang karyawati,saya udh hampir 2 thn terkena penyakit ini.awalnya sy lembur ampe tengah malam,besok pagi sy bangun mulut sebelah kiriku ud ga mau tertutup rapat.awalnya kukira cm krn kurang vitamin,sampe skrg aru kedokter.msh bs sembuh ga ya dgn mengkonsumsi obat racikan ini.aku berharap hanya lwat doa aj sih.mohon bantuannya ya,untuk berikan aku solusi,krn aku bingung dgn pnyakitku.terimakasih,sam,renta R

  22. Just Share:
    Pertama2x Perkenalkan Saya bukan Dokter, atau ahli medis, tetapi saya adalah sebagai seorang terapis kejut saraf dgn media listrik. Saya disini akan membagikan tips atau membantu dalam hal pengobatan saraf ke 7 ini.

    Saraf ke 7 ini tidak semena2x disebabkan oleh angin, ac, mandi malam dll. Tetapi lebih di sebabkan faktor utamanya adalah PIKIRAN atau STRESS yg berlebihan dan TEKANAN MENTAL sehingga orang tersebut tidak sadar bahwa saraf2x kecil sudah terkontaminasi sehingga denyut tekanan darah meningkat, sehingga kelopak mata terasa panas, keseimbangan di atas telinga mengalami tekanan yg lebih deras, sehingga tidak bisa menampung tekanan darah tersebut, sehinga saraf2x kecil tadi meningkat menjadi saraf ke 7 yg terkena penyumbatan tadi.
    Alhamdulillah dengan metode kejut saraf yg saja jalani kepada pasien2x dan beberapa artis sudah mengalami kesembuhan, dan semata2x atas pertolongan Allah SWT. Untuk lebih jelasnya mungkin saudara2x atau kerabat ingin konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi saya di 021-92265786 (24 Jam), Wassalam

  23. 15 hari yg lalu saya juga kena BP,waktu makam malam saya baru sadar kalau lidah saya tdk berjalan normal,mulut tdk sempurna menguyah,mata berair & saraf dikepala belakang terasa sakit sekali…seketika saya bercermin kelihatan wajah yg sudah tdk simetris lagi,saya sadar akan keadaan ini ‘ YA ALLOH saya sakit ‘ sebuah reflek pernyataan dari bibir saya yg mulai mencong. Dalam 15 hari menjalani kondisi bp saya tetap aktivitas seperti org normal saja krn merasa fisik normal aja,saya masih melukis beserta keribetannya,sepeda-an pagi hari,ngobrol ama tetangga,teman semampunya tanpa disertai ‘MINDER’ sedikitpun.Selain obat BIO ATP,Diazepam 2mg ,vitamin yg diberikan dokter pada hari ke 3,ada sesuatu yg sangat mendasar yakni do’a yg benar dan ikhlas ” ya Alloh bagaimana aku bisa menebus dosaku kalau keadaanku begini,ya Alloh tolonglah aku ” terus ku ulang di setiap kesempatan.Krn yg memberi kasiat terhadap sebuah benda(obat,dll nya) hanya Alloh semata,alhamdulillah kini rasa nyeri di kepala belakang sembuh,mata mulai normal bibir sedikit lagi normal.Allahuakbar 08125356210

  24. ibu saya sudah hampir empat bulan terkena penyakit ini , perubahannya cuma rasa aja tapi wajahnya masih mecong ketarik ke bagian kanan.
    dia sudah ke doktersyarafdan terakhirpengobatan akupuntur sudah 20x datang berobat
    apakah adacara lain mengobati penyakit ini?

  25. assalamualaikum,,,

    makasih artikelnya cukup membantu,,,,,
    saya baru tiga hari ini terkena BP,,,,
    apa perlu saya melakukan terapi?

  26. salam sejahtera semua……sesungguhya lebih kurang 3 thn lalu sy mengalami BP …..pada awalnya sy tidak perasan……sehingga pd hari tersebut sy masih mampu memandu sejauh kira2 90km dlm keadaan mata seela kiri sy x boleh berkedip ….sehingga lah keesokan pg nya br sy perasan sy terkena BP. Atas nasihat kwn2 symendaptkan rawatan doktor dan urut….Namun begitu sy x lupa berdoa dengan mengamalkan bacaan DOA ANGIN AMAR. Terapi ersama doktor tetap sy teruskan seingga lebih kurang 3 blh br sy pulih ke normal….sy amat bersyukur ke hadrat ilahi.sesungguhnya sy begitu kuatir jika penyakit ini kembali…..semoga allah menjahui penyakit ini dr sy.

    • hello mas izajid salam kenal,..blh minta email nya mas ,. ak juga kena Bp dah hampir 2 bln

  27. asskum ..
    sayaa baruu kenaa bell’s plasy dann rsanya agk kurang enak ..
    tpiie untk terapii muka lbihh seriing” nguyahh permennt karett biiaarr saraff nyaa lancarrr lagii ..

  28. saya baru teserang bells pasy 6 hari yang lalu….mudah2an allah SWT menyembuhkan qta smua sehingga wajah bisa kembali seperti semula ….amien

  29. hallo mba sya jonson sya stay di jakarta
    saya juga sekarang sedang menderita penyakit ini,,di hari ke 2 setelah saya terserang penyakit ini sya langsung cek ke dr sayaraf di mitra keluarga dan hasil nya saya terkena bells palsy,,tadinya saya pikir penyakit ini adalah stroke yang akan mematikan saya tapi ternyata saya salah,,sampai skrng ini saya masih menjalani terapi penyembuhan di rs tersebut,,tapi sudah seminggu ini terapi blom ada juga perubahan,,mudah-mudahan saya bisa sembuh total.aminn

  30. assskum…
    istri saya baru kena 3 hari belakangan ini, awalnya seperti sakit gigi, berobat ke puskesmas kataya gigi rahang terakhir numbuh. lama-lama di bawah kuping agak bengka dan bicara kurang jelas. berobat ke rumah sakit kata dr kena virus kelenjer air liur, di kasih obat tidak ada perobahan masih terasa sakit tertuma kalo malam hari.
    baru hari ini berobat ke ruamah sakit lain kata dr saraf ke 7 kena. ini agak lumayan,tidak tau hari berikutnya bisa sembuh ato tidak

  31. Asskum..
    Coba olahragakan lidah, seperti olahraga mata. Di Tiliam terapi tersebut membantu orang yang berobat dalam 1 bulan sudah tidak merot lagi..

  32. gw kena jg nih…lucu jg nih penyakit ya…alhamdulillah kt petugas fisioterapi sih ga trmasuk kategori parah…tp dah 5 hari lom terasa perubahannya..

  33. saya dah seminggu ini terkena Bell’s Palsy….saya sangat kaget dan takut kalau tidak bisa sembuh seperti sedia kala. saya coba untuk melakukan terapi akupuntur dan ke dr. spesialis saraf Alhamdulillah…..dah berangsur-angsur normal kembali…

  34. saya juga lagi terkena BP disertai infeksi di gigi. tapi setiap hari saya terapi sudah berjalan 3 minggu sekarang udah rada mendingan. asal kita rutin aja pasti sembuh

  35. belpalsy ya allahh stressss

  36. halloo semuanya ak mau tabya dong ak jg kena penyakit ini..udah 2 minggu ak skit ini huaaaaaa… :(((
    wkt bngn tidur tau” ,ika ak kaku sebelah kanan..sedikit turun bibir ku,mata ga bsa ke tutup rapet,alis ga bsa naik bibir ga bisa bersiul atau mencucur krna bagian kanan menurun n agak kaku..tapi besok nya aku langsung di akupuntur bbrp hAri kemudian ak fisioterapi tapi cm di panasin alatnya kaya ada laser merah nya…hampir setiap hari aku puntur..membaik sih cm sedokit perkembangan nya … awalnya muka ku agak miring n menurun kebawah gtu tapi skrng muka ku normal cm masi ga ada tenaga untuk naikin alis n senyum…klo penanganan ku kya gtu biasanya bsa sembuh ga yah??? hua takut banget say soalnya aku huaaaa…sehari setelah kejadian aku udah akupuntur n hangatin stiap hari + di kompres n pijat setiap hari…umur ku 20thn say..skrg aku udah mulai strum sih kebetulan om ku dokter akupuntur ak di pinjami penghangat n alat untuk setrum nya

    tq yaaah

    • Hallo Ferren,

      Tetep semangat, Say. Aq gag tau pasti ttg pengobatan yang sedang dirimu jalanin, Om Ferren lebih ahli deh dalam hal ini. Temen ku yang kena Bell Palsy itu bisa sembuh 100% koq. Normal sekarang :) Jadi tetep berikhtiar dan semangat untuk sembuh ya :)

      • Assalamualaikum Mbak…………..saya tertarik membaca artikel mbak.saya juga punya teman yang menderita balpasi.Pada awalnya kami tidak berpikir gejala yang di alami teman saya itu adalah penyakit balpasi.Kami menyangka perubahan yang adadaddwajahnya itu karena terkena makluk halus yang ada di sekolah t

  37. Maaf, Sya kna penyakit ini udah lama, mulai dari kelas 3 SMP dan sekarang udah 1 SMA udah 2 Tahun krna ampir naik Kelas 2 SMA, Mau nanya Apakah Penyakit ini Bisa Permanent ? atau klo nggak apakah ada solusi,obat,terapi untuk penyakit ini Mau tanya Pliss di jawab malu sama muka yg kek gini. apalagi di Masa Muda’ masa” percintaan T_T

  38. makasih banyak atas infonya.


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

